Manfaat Asuransi Pendidikan untuk Anak dan Jenis-jenisnya

Berbagai manfaat asuransi pendidikan bagi anak yang sangat berguna di masa depan, bisa juga untuk berinvestasi sehingga mendapatkan keuntungan

Manfaat Asuransi Pendidikan untuk Anak dan Jenis-jenisnya

Banyak orang tua yang tidak menyadari banyaknya manfaat asuransi pendidikan bagi anak mereka. Padahal keuntungannya sangat banyak, salah satunya yaitu dapat membantu mengamankan finansial pendidikan pada masa yang akan datang.

Walaupun saat ini anak Anda masih belum sekolah, tapi mempersiapkan budget pendidikan itu sangatlah penting. Salah satu cara terbaik adalah melalui asuransi pendidikan.

Jika Anda sudah memilikinya, maka biaya pendidikan anak dari SD sampai kuliah semua sudah disiapkan dan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Anda hanya perlu membayar iuran preminya saja sesuai kesepakatan yang ada di dalam polis.

Baca Juga Manfaat Asuransi Kebakaran Dan Cara Klaimnya Yang Benar

Macam-Macam Asuransi Pendidikan

Sebelum Anda mengetahui apa saja manfaat asuransi pendidikan, sebaiknya jenis-jenisnya harus diketahui terlebih dahulu. Di Indonesia, asuransi satu ini masih terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu :

1.      Asuransi Dwiguna

Dwiguna adalah gabungan asuransi jiwa dan instrumen pasar uang. Keduanya. Dengan memilih jenis ini, Anda bisa mendapatkan dua manfaat.

Benefit pertama adalah biaya pendidikan anak jika suatu saat orang tuanya sudah meninggal dunia atau mengalami cacat total sehingga tidak bisa mencari nafkah lagi. Benefit kedua adalah tambahan hasil deposito yang bisa dicairkan dalam jangka waktu tertentu.

2.      Asuransi Unit Link

Sedangkan unit link adalah gabungan dari asuransi jiwa dan juga investasi. Premi yang dibayarkan setiap bulannya tidak hanya diperuntukkan masa depan pendidikan anak, tetapi juga akan dikelola menjadi produk investasi.

Keuntungan dari hasil investasi ini akan dibagikan secara bertahap saat anak sudah memasuki usia sekolah. Sementara itu, investasi tidak selalu menghasilkan sesuatu yang besar, namun setidaknya Anda tetap bisa mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga Tujuan Asuransi Jiwa: Perlindungan Finansial Di Masa Depan

Mengetahui Manfaat Asuransi Pendidikan untuk Anak

Asuransi pendidikan adalah salah satu produk asuransi yang memberikan jaminan biaya pendidikan bagi anak. Biasanya tidak hanya pendidikan saja, tetapi juga menjamin asuransi jiwa.

Perlu diketahui, anak adalah pihak yang menerima manfaat asuransi pendidikan ini. Meski begitu, orang tua tetap yang harus membayarkan iuran premi setiap bulannya.

Dalam hal ini, pihak asuransi akan menjamin biaya sekolah anak jika suatu saat orang tua sudah meninggal dunia atau tidak mampu lagi bekerja mencari uang. Berbagai benefit yang bisa diperoleh yaitu :

1.      Biaya Pendidikan yang Tidak Perlu Dikhawatirkan Lagi

Inilah salah satu benefit utama dari asuransi pendidikan. Yang mana seluruh biaya sekolah sampai kuliah anak Anda nantinya akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Sebagai orang tua, Anda tidak lagi terbebani harus mencari banyak uang kesana kemari demi mendapatkan uang untuk pendidikan anak. Anda bisa berfokus mencari uang untuk kebutuhan lainnya.

2.      Menghindari Pinjaman Biaya Pendidikan

Banyak orang tua yang menempuh jalur pinjol untuk bisa mendapatkan biaya untuk pendidikan sang buah hati. Cara ini memang tidak salah, asalkan pinjol tersebut legal dan terdaftar di OJK.

Namun jika Anda membeli produk asuransi itu jauh lebih menguntungkan. Memang, Anda diharuskan membayarkan premi seperti halnya membayar cicilan pinjol, akan tetapi besar premi yang dibayarkan tidak akan besar karena bunganya tidak terlalu besar.

Maka dari itu, daripada harus pinjam ke sana kemari, lebih baik manfaatkan asuransi saja.

3.      Mendapatkan Asuransi Jiwa

Walaupun tidak semua, setidaknya ada beberapa penyedia education insurance yang juga menyediakan asuransi jiwa. Perlindungan ini biasanya akan aktif saat orang tua anak sudah meninggal dunia.

Maka, anak sebagai ahli warisnya akan mendapatkan uang pertanggungan juga selain uang pendidikan untuk sekolah.  Jadi keuntungan yang didapatkan jadi lebih banyak lagi.

4.      Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Mengikuti asuransi pendidikan Anda juga bisa mendapatkan keuntungan tambahan dari hasil investasi. Premi yang dibayarkan secara rutin akan dikelola oleh pihak terkait dalam bentuk investasi di pasar modal.

Jika hasil investasi menguntungkan, Anda sebagai pemegang polis akan memperoleh laba tambahan. Akan tetapi, hal tersebut memiliki syarat dan ketentuan berlaku. Satu hal lagi, namanya investasi pasti ada risikonya.

Baca Juga Prinsip Dasar Asuransi: Fondasi Perlindungan Finansial

5.      Biaya Premi yang Terjangkau

Manfaat asuransi pendidikan lainnya yaitu biaya premi terjangkau. Meskipun dari tahun ke tahun biaya SPP, uang gedung, buku, seragam, dan lain-lain terus mengalami kenaikan, tidak membuat iuran premi mengalami kenaikan juga.

Perlu untuk diketahui, premi yang harus dibayarkan kepada perusahaan asuransi pun akan lebih ringan jika Anda mengikuti program tersebut saat anak-anak masih belum sekolah. Orang tua harus bisa menghitung biaya pendidikan anak mereka dengan sebaik mungkin.

6.      Memberikan Rasa Tenang

Manfaat asuransi pendidikan juga dapat memberikan rasa tenang, terutama soal biaya. Apabila sudah memiliki asuransi pendidikan, sebagai orang tua Anda bisa merasa sedikit lebih tenang.

Anda tidak perlu lagi memikirkan budget untuk sekolah anak beberapa tahun kemudian. Karena semua hal itu sudah ada yang menjamin.

Dengan mengetahui manfaat asuransi pendidikan bagi anak, diharapkan orang tua bisa mulai memikirkan masalah biaya pendidikan sejak jauh-jauh hari bahkan sebelum si kecil sekolah

 

LihatTutupKomentar