Manfaat Asuransi Kebakaran dan Cara Klaimnya yang Benar

Mengetahui apa saja manfaat asuransi kebakaran yang bisa didapatkan akibat peristiwa tersebut dan bagaimana cara melakukan klaim asuransi yang tepat

Manfaat Asuransi Kebakaran dan Cara Klaimnya yang Benar

Manfaat asuransi kebakaran harus Anda ketahui demi perlindungan barang atau sesuatu terbakar. Dalam kehidupan sehari-hari, kebakaran bisa menjadi suatu peristiwa tidak terduga dan membuat siapapun merasa ketakutan.

Misalnya saja, kompor tiba-tiba meledak sehingga membuat seluruh bagian rumah menjadi hangus terbakar. Bahkan kebakaran seringkali membuat banyak korban mengalami luka-luka hingga tewas di tempat.

Selain pengobatan medis, hal lain yang dibutuhkan setelah mengalami peristiwa kebakaran adalah melakukan klaim asuransi. Tujuannya untuk meminimalisir risiko kerugian yang diakibatkan karena kejadian tertentu, termasuk rumah atau kantor terbakar.

Manfaat Asuransi Kebakaran yang Wajib Diketahui

Asuransi kebakaran adalah  perlindungan pada atas kerusakan pada bangunan atau harta benda akibat kebakaran, tersambar petir, ledakan, tertimpa pesawat terbang, atau asap. Secara umum, tidak semua objek atau benda terkena dampak kebakaran bisa terlindungi, namun semua itu kembali lagi ke kebijakan perusahaan.

Baca Juga Tujuan Asuransi Jiwa: Perlindungan Finansial Di Masa Depan

Pihak yang menjadi tertanggung adalah individu atau perusahaan pemilik bangunan rumah tinggal, kantor, rumah sakit, hotel, pabrik, gudang, bank pemberi kredit kepemilikan rumah, dan bangunan lainnya. Berikut ini berbagai manfaat asuransi kebakaran yang harus Anda ketahui

 

1.      Terhindar dari Kerugian Besar

Musibah kebakaran dapat menghancurkan apapun yang membakarnya. Hal ini tentu saja dapat menghilangkan nilai dari barang tersebut.

Misalnya, ketika kantor Anda terbakar lalu seluruh komputer dan printer yang ada di sana hangus terbakar. Komputer yang semula dibeli seharga ratusan juga kini harus raib karena hangus terbakar.

Akibatnya membuat perusahaan Anda merugi. Namun dengan mendapatkan asuransi, kerugian tersebut setidaknya akan berkurang karena ada pihak asuransi yang menanggung kerugian tersebut walaupun tidak 100%.

2.      Memberikan Jaminan Pada Barang

Barang yang rusak karena kebakaran biasanya juga akan diganti oleh pihak asuransi. Namun dengan catatan barang tersebut benar-benar milik Anda dan kerusakan tersebut bukan disebabkan karena kelalaian atau kesalahan pribadi.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi kehilangan barang penting. Karena semuanya sudah dicover oleh perusahaan asuransi dan Anda akan mendapatkan biaya pengganti yang bisa digunakan untuk membeli barang baru.

3.      Memberikan Rasa Aman

Manfaat asuransi kebakaran selanjutnya adalah dapat memberikan rasa aman. Anda dan benda-benda yang ada di dalamnya mendapatkan proteksi dari pihak asuransi.

Anda pun merasa lebih aman dengan rumah atau tempat tinggal. Sekalipun suatu saat nanti terjadi musibah kebakaran, ada penggantian dari pihak asuransi yang mengurangi beban kerugian.

4.      Mempertahankan Nilai Rumah atau Kantor

Rumah maupun kantor merupakan aset yang sangat berharga. Harga rumah akan selalu meningkat dan itu sangat menguntungkan jika suatu saat Anda harus menjualnya, sedangkan kantor itu dapat membuat bisnis Anda semakin berkembang.o

Banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk asuransi supaya tidak mengurangi nilai aset tersebut.

Sekalipun suatu saat nanti terjadi peristiwa tidak terduga seperti kebakaran, paling tidak nilai aset tidak merosot drastis akibat kerusakan barang karena di dalam polis ada perjanjian ganti rugi hingga perbaikan kerusakan pada bangunan.

Baca Juga Prinsip Dasar Asuransi: Fondasi Perlindungan Finansial

Pengecualian Manfaat Asuransi Kebakaran

Jangan sampai salah, sekalipun benar-benar terjadi ledakan atau kebakaran belum tentu Anda bisa mendapatkan asuransi termasuk manfaat yang ada di dalamnya.

Karena perusahaan asuransi harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Berikut ini hal-hal yang menjadi pengecualian pada polis asuransi kebakaran :

1.      Harta Benda Rusak Karena Kesengajaan

Manfaat asuransi kebakaran tidak akan pernah bisa Anda dapatkan apabila kerusakan harta benda disebabkan karena kesengajaan seperti melakukan peledakan secara sadar, sengaja membakar rumah atau bangunan tertentu, sengaja membakar hutan hingga menimbulkan asap, dan lain sebagainya.

Polis hanya memberikan jaminan terhadap kebakaran yang disebabkan bukan karena ulah manusia. Contohnya gas yang meledak, konsleting listrik, atau bencana alam.

2.      Harta Benda Rusak Karena Sebab Lainnya

Selain karena faktor kesengajaan, harta benda Anda yang terbakar tidak bisa dijamin dan diberikan ganti rugi jika penyebabnya yaitu tertabrak kendaraan, asap industri, banjir, tanah longsor, genangan air, angin topan atau badai, dan pembersihan puing-puing.

Cara Klaim Asuransi Kebakaran

Setelah Anda mengetahui apa saja manfaat asuransi kebakaran, hal yang tidak kalah penting adalah mengetahui bagaimana caranya mengklaim asuransi tersebut.

Pastikan Anda hanya membeli di perusahaan resmi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Berikut ini tahapan-tahapan dalam membeli asuransi kebakaran yang harus Anda ketahui :

  • Melaporkan kejadian kebakaran sesegera mungkin.
  • Selanjutnya silakan buat laporan kerugian.
  • Hubungi pihak asuransi dan katakan bahwa Anda membutuhkan asuransi.
  • Setelah itu, perusahaan asuransi akan melakukan identifikasi polis.
  • Ada pemeriksaan klaim untuk menentukan apakah Anda berhak mendapatkannya atau tidak.
  • Setelah lolos, Anda berhak mendapatkan ganti rugi dan berkewajiban untuk membayar premi secara rutin.

Manfaat asuransi kebakaran ini harus diketahui oleh siapa saja, untuk mengantisipasi jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

LihatTutupKomentar