Beginilah Cara Kerja Asuransi, Penting untuk Dipahami!

Apakah anda masih bingung bagaimana cara kerja asuransi? Jangan khawatir, simak pembahasan berikut agar mengetahui mekanismenya dan manfaat asuransi!

Beginilah Cara Kerja Asuransi, Penting untuk Dipahami!


Cara kerja asuransi sangat penting untuk dipahami khususnya bagi anda yang belum pernah memilikinya. Saat ini masih banyak orang yang takut untuk memiliki salah satu produk asuransi. 

Selain kurangnya informasi, minimnya pengetahuan mengenai mekanisme perlindungan tersebut juga membuat mereka belum memutuskan untuk memiliki salah satu produknya. Tahukah anda bahwa asuransi adalah perjanjian antara dua pihak.

Pihak nasabah membayar premi dan pihak perusahaan memberikan jaminan perlindungan ataupun penggantian kerugian. Mekanisme jaminan tersebut dapat menutup risiko kerugian dengan mengakumulasikan dana yang dibayarkan oleh nasabah.

 Baca Juga Mengenal Macam-Macam Asuransi Sesuai Kebutuhan!

Cara Kerja Asuransi Berdasarkan Jenisnya

Seperti anda ketahui, mekanisme asuransi tentu harus dipahami karena dapat membuat anda menutup risiko atau kerugian atas kejadian. Mekanismenya dimulai dari penciptaan produk jaminan terlebih dahulu.

Setelah terdapat produk jaminan, beberapa tahapan selanjutnya yakni sebagai berikut :

1. Mendapatkan Nasabah

Tahapan utama agar proses jasa layanan perlindungan atau jaminan berjalan adalah dengan mendapatkan nasabah terlebih dahulu. Pihak penyedia produk harus dapat menarik perhatian dengan teknik marketing yang baik.

Penting juga untuk fokus kepada apa yang dibutuhkan oleh anda. Apabila nasabah khawatir di usia tua, maka anda dapat mempromosikan produk jaminan hari tua dengan berbagai manfaat.

2. Membuat Perjanjian Polis Dengan Nasabah

Cara kerja asuransi setelah mendapatkan nasabah yaitu dengan membuat perjanjian polis. Ketika anda sudah paham mengenai apa saja jenis produk jaminan yang ditawarkan, selanjutnya harus membuat perjanjian dengan syarat tertentu.

Perusahaan akan memberikan formulir pengajuan sebagai syarat perjanjian polis dengan ketentuan :

 

  • Nasabah sebagai pemilik perjanjian polis (penerima hak dan pihak tertanggung)
  • Perusahaan asuransi sebagai penanggung (pemberian hak dan manfaat)

3. Menerima dan Mengumpulkan Biaya Premi

Biaya premi merupakan kewajiban nasabah setelah memiliki produk jaminan dan telah membuat perjanjian polis. Jumlah uang harus dibayarkan sesuai waktu tempo kepada perusahaan disebut sebagai premi.

Hal tersebut agar peserta lain yang mendapatkan musibah sejenis bisa dibantu. Secara garis besar, cara kerja asuransi seperti melakukan perputaran uang antar peserta untuk menutup risiko peserta lainnya.

4. Menerima Klaim Asuransi dari Nasabah

Apabila ada salah satu nasabah mengajukan klaim, maka perusahaan terkait harus memprosesnya. Setiap perusahaan memiliki syarat maupun ketentuannya masing-masing dalam pengajuan klaim oleh nasabah.

Nasabah harus tahu apa syarat dan ketentuan agar dapat mengajukan klaim dengan baik serta lancar.

Tips dalam Memilih Produk Asuransi Sesuai Kebutuhan Anda

Sebagai nasabah, pastinya anda harus dapat memilih produk jaminan sesuai kebutuhan serta memahami cara kerja asuransi. Terdapat tips untuk memilih produk jaminan dari agen penjamin yaitu sebagai berikut :



  1. Memilih polis berdasarkan pendapatan dan kemampuan anda
  2. Perhatikan rasio biaya dan manfaat yang akan didapatkan
  3. Pastikan produk tersebut mencakup semua biaya tanggungan dan masalah kesehatan
  4. Mengetahui terlebih dahulu tentang kredibilitas dari perusahaan asuransi
  5. Mengetahui apa saja macam asuransi yang dibutuhkan

 Baca Juga Jenis Asuransi Jiwa Sebagai Pilihan Perlindungan Finansial

Cara Mendaftar Produk Asuransi untuk Pemula Secara Online

Jika calon nasabah ingin memiliki salah satu produk jaminan, terdapat beberapa langkah mendaftar produk jaminan tersebut secara online yakni sebagai berikut :



  1. Menyiapkan berkas seperti fotocopy KTP, kartu keluarga, akta kelahiran, NPWP, maupun persyaratan lainnya sesuai ketentuan tiap perusahaan.
  2. Masuk halaman situs jasa layanan penjamin yang anda pilih untuk mengisi formulir secara online. Langkah ini dapat dilakukan melalui perangkat mobile atau desktop.
  3. Pilih salah satu pembiayaan dengan rincian biaya premi per bulannya sesuai kebutuhan serta kemampuan calon nasabah.
  4. Simpan semua data serta tunggu notifikasi melalui e-mail atau nomor telepon.
  5. Cetak virtual account yang dikirim melalui e-mail terdaftar pada halaman form sebelumnya.
  6. Lakukan pembayaran melalui bank yang telah ditunjuk oleh perusahaan layanan penjamin dengan menyerahkan nomor virtual kepada teller.
  7. Setelah pendaftaran, anda akan mendapatkan konfirmasi melalui telepon.

 

Langkah Mendaftar Produk Asuransi Secara Offline

Selain melalui online menggunakan mobile atau desktop, anda juga dapat melakukan pendaftaran produk jaminan tersebut secara offline. Terdapat langkah untuk melakukan pendaftaran secara offline yakni sebagai berikut :

 

  1. Buat janji temu dengan agen terkait atau langsung mendatangi kantor di hari kerja
  2. Menyiapkan dokumen penting seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan NPWP.
  3. Ikuti sesi wawancara singkat oleh perusahaan kepada calon nasabah mengenai data diri atau informasi lainnya yang dibutuhkan.
  4. Agen penjamin akan membuat ilustrasi mengenai detail manfaat serta hak maupun kewajiban nasabah sesuai premi yang disepakati.
  5. Nasabah akan diminta untuk mengisi form serta melakukan penandatanganan dokumen untuk diajukan sebagai permohonan nasabah.

 

Ketika akan memutuskan untuk memiliki salah satu produk jaminan seperti kesehatan, kecelakaan, jiwa, pendidikan, hingga investasi, penting untuk memperhatikan berapa biaya premi dan bagaimana cara kerja asuransi tersebut.

LihatTutupKomentar