VGA Radeon Vs Geoforce GTX, Lebih Tangguh Mana untuk Gaming?

Sebelum memutuskan untuk membeli kartu grafis, maka bisa mencari tahu perbedaan Radeon vs Geoforce GTX dan pastikan untuk menyesuaikan kebutuhan.

VGA Radeon Vs Geoforce GTX, Lebih Tangguh Mana untuk Gaming?


Kartu grafis terbaru Radeon vs Geoforce GTX basis turing resmi rilis di segmen entry level, tentunya ini memberikan keseruan baru. PC yang baik pastinya harus punya video graphics adapter berkualitas.

Apalagi dengan harga yang hanya 2,4 jutaan rupiah, maka Anda sudah bisa memperoleh GPU yang tangguh dan jauh lebih bagus. Sayangnya VGA dari Nvidia tersebut masih belum bisa mengalahkan Radeon.

Mengenai persoalan gaming serta multimedia pada komputer maupun laptop, penggunaan VGA ini perlu diperhatikan. Perbedaan cukup mencolok dari kedua merek tersebut ialah pada grafisnya sendiri.

Ketika bermain game maupun menonton film dengan kualitas HD, kartu grafis merupakan satu komponen yang bekerjanya cukup keras. Bekerja dengan prosesor dan RAM agar menghasilkan tampilan grafis seperti seharusnya.

Baca Juga Beda SSD Dan Harddisk Untuk Gaming Beserta Keunggulannya

Perbedaan Radeon Vs Geoforce GTX

Beberapa pengguna khususnya ketika merakit PC gaming pasti sering melakukan perbandingan antara VGA AMD dan NVIDIA. Terutama pada Radeon dan Geoforce GTX, keduanya sama-sama targetkan pegalaman gaming beresolusi HD.

1.      Monitor

Untuk perbandingan, Nvidia geoforce GTX mengusung monitor dengan teknologi G-Sync ydi mana punya kualitas serta harganya lebih premium. Jadi terlihat lebih gahar dan hebat.

Sementara itu berbeda dengan AMD Radeon yang memakai monitor free Sync. Di mana harganya sendiri cenderung lebih murah jika dibanding nvidia.

2.      Prosesor

Perbedaan lainnya ialah pada prosesornya, di mana pada geoforce GTX ini memanfaatkan CUDA yang termasuk satu jenis terbaik di pasaran. Ini membuat kegiatan gaming juga semakin lancar.

Sementara pada Radeon memakai prosesor Direct Compute dan juga OpenCL. Perbedaan Radeon vs Geoforce GTX inilah yang membuat kegiatan gaming jadi semakin seru dan grafisnya terasa nyata.

3.      Kecepatan memori

Dibandingkan Radeon, memang Nvidia ini punya kecepatan memori yang lebih unggul. Ini sangat berguna untuk Anda yang mengakses game atau multimedia, karena penyimpanannya cepat.

4.      Performa

Membicarakan mengenai performa untuk gaming, memang Goforce GTX ini lebih bagus dan kualitasnya high end dibanding Radeon. Tidak heran apabila gamers akan memilih nvidia jika dipakai bermain game

5.      Harga

Apabila dilihat dari sisi harganya, memang AMD dapat dikatakan lebih murah dan terjangkau dibanding Nvidia. Namun untuk perangkat gaming, memang bukan hal aneh jika harganya lebih tinggi.

6.      Akses

Perbedaan Radeon vs Geoforce GTX selanjutnya terletak pada aksesnya. Akses di sini maksudnya ialah mudah didapatkan, AMD lebih mudah ditemukan pelanggan karena harganya tidak terlalu mahal.

Baca Juga VGA RTX 3050 Vs 3060 Mana Yang Bagus Untuk PC Gaming?

Kelebihan Kekurangan AMD Radeon Ini

Agar lebih jelas lagi, maka Anda bisa memahami beberapa keunggulan dari kartu grafis merek ini. Keunggulan yang pertama ialah AMD Radeon sangat cocok untuk digunakan beragam kegiatan multimedia.

Fitur unified video decoder (UVD) yang bisa memberikan tampilan video dengan resolusi tinggi, dan itu juga tidak dipunyai Geoforce GTX. Ada juga dukungan efefinity di mana memungkinkan pengguna dapat menggabungkan sampai 6 monitor.

Itu dilakukan agar dapat memberikan tampilan gambar ekstra luas dan menonton video jadi lebih puas. Dari sisi harganya serta konsumsi listriknya, memang radeon ini lebih bagus dibanding Geoforce GTX.

Tentunya perbedaan Radeon vs Geoforce GTX jika dilihat dari kebutuhannya cukup berbeda. Anda harus dapat menentukan akan menggunakan kartu grafis merek apa dan mampu mendukung kegiatan pengguna sendiri.

Selain kelebihannya, semua produk pasti ada pula kekurangannya dan ini tidak dapat dipungkiri. VGA merek AMD ini punya kelemahan juga yang baiknya Anda ketahui sebelum memutuskan memilih.

Radeon ini tidak cocok apabila dipakai untuk kebutuhan gaming karena performanya kurang mumpuni. Apalagi tidak ada dukungan fitur Physx yang membuat penampakan grafisnya terlihat kurang jelas.

Bermain game menggunakan komputer yang didukung Radeon ini pasti akan lebih mengganggu jika dibandingkan Geoforce. Jadi memang VGA tersebut sangat pas apabila dipakai untuk kegiatan multimedia saja.

Baca Juga Beda GTX Dan RTX, Mana Yang Cocok Untuk Dipakai Main Game?

Kelebihan dan Kekurangan Geoforce GTX

Beda Radeon vs Geoforce GTX mengenai plus minus ini juga penting diketahui pengguna. Untuk VGA merek ini, memang keunggulannya lebih cocok apabila dipakai kegiatan gaming, apalagi VGA-nya didesain khusus untuk gamers.

Selain itu kartu grafis merek ini sudah bekerja sama dengan banyak developer di seluruh dunia dan bahkan digunakan juga. Jika melihat tampilan grafisnya, maka akan terlihat lebih hidup dan halus.

Mengusung teknologi Ray Tracing dan dilakukan secara real time seperti RTX, membuat tampilannya semakin gahar. Selain beberapa kelebihan itu, tentu ada juga kekurangan yang baiknya diketahui pengguna.

Jika dilihat perbedaan Radeon vs Geoforce GTX, memang NVIDIA lebih mahal harganya dan kurang cocok untuk masyarakat menengah kebawah. Selain itu tidak bagus dipakai untuk memutar video dengan resolusi tinggi.

Pada kartu grafis merek ini juga belum didukung dengan teknologi UVD, jadi ketika decoding video-nya juga harus mengajak prosesor utama. Kelemahan selanjutnya dari VGA ini ialah memerlukan listrik cukup boros.

VGA merek ini mengambil listrik lebih besar jika dibandingkan dengan kompetitornya, AMD. Beberapa perbedaan Radeon vs Geoforce GTX tersebut memang harus Anda ketahui sebelum memutuskan membeli dan baiknya sesuaikan kebutuhan.

LihatTutupKomentar