Beda GTX dan RTX, Mana yang Cocok untuk Dipakai Main Game?

Adanya perbandingan GTX dan RTX dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan terbaik mana yang akan memenuhi kebutuhan pengguna untuk gaming

Beda GTX dan RTX, Mana yang Cocok untuk Dipakai Main Game?



Dua nama yang sering jadi bahan obrolan para gamers ketika sedang cari spesifikasi perangkat untuk dipakai gaming ialah GTX dan RTX. Meskipun sebenarnya keduanya juga biasa dipakai dalam gaming.
Tapi tetap saja ada perbedaan yang cukup mencolok antara keduanya sehingga tidak heran apabila harganya juga selisih. Satu perbedaan paling penting dari keduanya ialah teknologi ray tracing.
Berdasarkan pendapat sejumlah ahli, tray tracing ini dapat jadi satu hal yang mampu memberikan perubahan dalam dunia gaming. Tetapi teknologi tersebut hanya ada pada RTX, perbedaan lain juga ada dalam shader-nya.

Arsitektur shader pada RTX lebih canggih, sehingga kemampuannya untuk rendering serta memproses grafis jadi lebiih efisien. Meskipun GTX peformanya masih mumpuni, tepi tetap saja RTX dipilih gamers.

Beda Kinerja GTX dan RTX

Sama layaknya sebagian besar orang, pasti Anda juga ingin tahu apa saja perbedaan dari kinerja keduanya. Para pengguna dapat menaikkan kinerja hardware ketika proses grafis dilakukan. 
Selain itu gambar yang dihasilkan punya kualitas tinggi. Ada beberapa perbedaan yang baiknya Anda ketahui dan dapat dijadikan pembedanya.
Pertama kartu grafis GTX sudah dirilis sebelum RTX, karena merupakan versi terbaru NVIDIA. Selain itu perbedaan berikutnya terletak pada teknologi ray tracing yang menghasilkan grafis jadi semakin nyata.

Pada GTX teknologi ray tracing ini tidak ada, teknologi tensor cores juga dipunyai RTX. Sehingga kartu grafis GTX dan RTX itu bisa menjalankan pekerjaan lebih efisien serta cepat.
Ada hal lain yang penting untuk diketahui oleh pengguna yakni kinerjanya tersebut harus sesuai keperluan gamers. Di beberapa hal memang terlihat GTX lebih unggul jika dibandingkan VGA RTX.
Sehingga sebelum akhirnya Anda membeli kartu grafis sesuai keinginan dan keperluan, pastikan memperhatikan kebutuhan dan spesifikasinya. Umumnya walaupun perbedaan tidak ditemukan dalam spesifikasinya secara jelas, tapi RTX terbukti lebih unggul.

Dilihat dari memori video, kecepatan clock, ray tracing, serta tensor cores RTX tampak lebih bagus. Jadi apabila Anda memerlukan perangkat dengan kinerja bagus ketika memproses grafis, maka bisa memilih RTX. Tapi jika Anda hanya memerlukan kartu grafis ini hanya untuk melakukan keperluan aplikasi dan game standar. Fitur yang diusung juga menjadi perbedaan antara kedua VGA yang ada.

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan GTX

Dalam sebuah komputer, kartu grafis memang merupakan komponen cukup penting, apalagi untuk gamers atau desainer. Ketika memilih VGA, Anda akan mendapati GTX dan RTX ini beserta kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dari GTX sendiri pertama ialah lebih murah dengan performanya masih mumpuni jika dipakai bermain game dan rendering video. Selain itu daya yang dibutuhkan juga tidak begitu tinggi, jadi lebih hemat.

Kartu grafis seri ini juga sudah diuji dan juga dikembangkan dengan baik oleh pihak NVIDIA. Sehingga performanya lebih stabil jika dibandingkan dengan versi RTX.
Jika Anda perhatikan, VGA jenis ini mempunyai beragam jenis varian seri dan tentunya dengan tawaran harga berbeda-beda. Sehingga nantinya para pengguna jadi lebih gampang memilih sesuai keperluan dan budget-nya.


Seri GTX cukup lama bertengger di pasaran dan mendapatkan dukungan banyak apk maupun game, jadi lebih cocok dengan software lama. Beragam kelebihan menjadi pembeda antara GTX dan RTX.
Selain kelebihannya tersebut, ternyata seri VGA GTX ini juga punya kekurangannya sendiri. Seperti tidak mempunyai tensor dan RT cores, jadi hasil visualisasi yang terlihat nyata kurang maksimal.
Bukan hanya itu, tapi seri ini juga tidak bisa dipakai untuk mengoptimalkan fitur pemakaian game AAA yang terbaru. Kelemahan selanjutnya tidak mempunyai dukungan untuk teknologi real time ray tracing.

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan RTX

Perbandingan seri VGA GTX dan RTX dapat dimanfaatkan untuk mempertimbangkan kebutuhan serta anggaran pengguna. Berikut ini juga ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari VGA seri RTX yang baiknya Anda ketahui:

1. Kelebihan

Seri kartu grafis NVIDIA ini punya RT dan tensor cores di mana dapat membuat penggunanya menikmati teknologi real time ray tracing. Sehingga menciptakan visualisasi lebih nyata, terutama pada game AAA.
Performa yang dipunyai juga lebih tinggi serta stabil, jadi bisa rendering video dan memvisualisasikan dengan cepat. Didukung adanya teknologi deep learning jadi visual yang dihasilkan juga bagus.
Teknologi DLSS agar menaikkan kualitas visual dalam game juga dimiliki oleh VGA ini. Membandingkan GTX dan RTX bisa membantu Anda untuk mendapatkan pilihan yang tepat.

2. Kekurangan

Dibalik kelebihan tersebut, tentu ada juga beberapa kelemahannya, seperti harganya lebih mahal. Selain itu Anda memerlukan listrik lumayan banyak, jadi jika dayanya rendah, tidak cocok memakainya.
VGA RTX ini masih tergolong series baru di pasaran dari NVIDIA, jadi dukungan game serta aplikasinya juga belum banyak. Jadi Anda bisa memikirkan kembali akan menggunakan kartu grafis mana.
Perbandingan kedua kartu grafis tersebut nantinya akan membantu pengguna dalam menentukan pilihan yang sesuai budget dan kebutuhan. Pastikan pertimbangkan spesifikasi komputer sebelum memilih VGA GTX dan RTX.



LihatTutupKomentar