Apa itu Novel Visual? Dan saja fitur-fiturnya

Novel visual adalah sesuatu yang asli dan tersebar luas di Jepang. Mereka membuat hampir 70% dari judul game PC yang dirilis pada tahun 2006.

Apa itu Novel Visual? Dan saja fitur-fiturnya 



Novel visual (bahasa Jepang: ビジュアルノベル, bijuaru noberu ), sering disingkat menjadi VN, adalah bentuk fiksi digital semi-interaktif. Novel visual secara umum diasosiasikan dan digunakan dalam video game, namun tidak selalu diidentifikasikan seperti itu. Judul-judul ini menggabungkan narasi tekstual dengan ilustrasi statis atau animasi dan tingkat interaktivitas yang bervariasi. Kita lebih jarang berbicara tentang permainan novel untuk merujuk pada format ini, transkripsi dari istilah wasei-eigo noberu gēmu (ノベルゲーム), lebih tepatnya digunakan dalam bahasa Jepang.

Novel visual adalah sesuatu yang asli dan tersebar luas di Jepang. Mereka membuat hampir 70% dari judul game PC yang dirilis pada tahun 2006. Orang Jepang dengan mudah membedakan antara novel visual (NVL, dari "novel"), yang sebagian besar terdiri dari narasi dan memiliki sedikit elemen interaktif, dan game petualangan (AVG atau ADV, dari "petualangan"), yang menggabungkan pemecahan masalah dan jenis permainan lainnya. Perbedaan ini sering diabaikan di luar Jepang, karena novel visual dan game petualangan biasanya disebut "novel visual" oleh penggemar internasional.


Produksi novel visual jarang ditujukan untuk konsol video game. Namun, game paling populer terkadang dipindahkan dari PC (atau perangkat keras setara) ke sistem seperti Sega Saturn, Dreamcast, PlayStation Portable, atau Xbox 360. Novel visual paling terkenal juga biasanya diadaptasi sebagai novel ringan, manga, atau anime dan terkadang diikuti atau ditambah dengan video game sebenarnya, seperti RPG atau game aksi.

Fitur


Dalam novel visual, kotak teks besar muncul di layar untuk menampilkan prosa seiring berjalannya cerita, dengan latar belakang yang menggambarkan adegan yang sedang berlangsung. Pengalaman ini mirip dengan membaca buku komik, di mana terdapat gambar dan narasi, tetapi teks di layar lebih banyak daripada di halaman buku komik.

Pemain tidak mengontrol karakter seperti yang mereka lakukan di video game tradisional. Sebaliknya, ia memajukan cerita dengan mengeklik area yang ditargetkan untuk menyegarkan teks. Novel visual mengandung beberapa elemen interaktif, namun penekanannya adalah pada cerita. Gameplay memberi pemain kemampuan untuk memutuskan ke arah mana cerita karakter utama harus berkembang. Oleh karena itu, dia merasa terlibat langsung dalam narasinya.

Pesona NV terletak pada sejarahnya. Gim video tradisional sering kali memiliki plot yang dapat ditindaklanjuti, tetapi karakter atau dunianya tidak terlalu dalam. Novel visual sejauh buku tradisional, yang berarti pemain mendapatkan kepuasan yang sama dari membaca prosa (yang, secara teknis, mereka lakukan).

Beberapa novel visual menjadi cukup kompleks, dengan banyak alur cerita yang mengarahkan pemain ke jalur yang sangat berbeda tergantung pada pilihan mereka. Bagian-bagian ini juga memiliki banyak akhiran, yang bergantung pada pilihan pribadi Anda.


Grafik novel visual tipikal terdiri dari sekumpulan latar belakang generik (biasanya hanya satu untuk setiap lokasi dalam game), dilapisi dengan sprite karakter. Pada momen-momen penting tertentu dalam plot, CGI khusus ditampilkan; ini adalah gambar yang lebih detail, digambar secara khusus untuk adegan itu, bukannya digabungkan dari elemen yang telah dibuat sebelumnya, yang sering kali menggunakan lebih banyak sudut kamera sinematik dan menyertakan protagonis. Animasi ini sering terlihat kapan saja setelah "dibuka kuncinya" dengan menemukannya di dalam game Mekanik ini mendorong untuk memutar ulang game dan membuat keputusan yang berbeda, karena biasanya tidak mungkin untuk melihat semua acara khusus game tunggal.

Genre

Banyak novel visual adalah simulator kencan. Namun, ada juga novel fiksi ilmiah, fantasi, dan horor. Genre utamanya adalah:

novel kinetik

Ini sebagian besar sesuai dengan konstruksi umum novel visual, tetapi tidak menawarkan kemungkinan untuk membuat pilihan, yang menjadikannya format yang paling dekat dengan novel tradisional.

simulasi kencan

Pada prinsipnya, ini adalah game simulasi kencan. Istilah ini digunakan, terutama oleh penutur bahasa Inggris, untuk mendeskripsikan permainan apa pun yang ditujukan untuk romansa, apa pun mekanisme permainan yang digunakan.

Otome

Diterjemahkan secara harfiah sebagai "permainan anak perempuan", istilah ini mengacu pada karya romantis apa pun yang melibatkan protagonis wanita.

Harem

Ditandai dengan kehadiran tokoh protagonis, biasanya laki-laki, dikelilingi oleh tiga atau lebih lawan jenis, yang biasanya memiliki ketertarikan romantis

Eroge

Genre ini merupakan cikal bakal visual novel pada tahun 1980-an.Eroge adalah singkatan dari permainan erotis, yang dicirikan oleh fakta bahwa ia berisi konten apa pun yang dikategorikan sebagai NSFW (tidak aman untuk bekerja), sebuah istilah yang mencakup konten yang terutama terkait dengan ketelanjangan yang intens, hubungan seksual, kata-kata kotor, dan hal-hal lain yang sering dikaitkan dengan pornografi.

Nukige

Jenis konten ini difokuskan pada konten erotis pornografi murni. Plot apa pun sebenarnya tidak ada, dan jika ada, itu hanya berfungsi sebagai transisi dari satu adegan seks ke adegan seks lainnya.

Utsugue

Jenis permainan yang dianggap "menyedihkan atau melankolis" ini bertujuan untuk membuat pemainnya menangis, yang dipandu melalui cerita yang dramatis. Tema inti adalah kematian, masalah mental, kesepian dan penolakan, sementara sangat umum mengalami dekonstruksi pada satu titik atau lainnya.

Nakige

Juga dikategorikan sebagai tragedi atau komedi-tragi, ini adalah gaya permainan yang difokuskan secara eksklusif untuk menghasilkan katarsis emosional pada pemain, awalnya digunakan sebagai struktur untuk genre eroge.

NV di Barat

Kebanyakan novel visual dirancang untuk pembaca Jepang dan oleh karena itu tidak dirilis di luar Jepang. Karya-karya seperti Hotel Dusk: Room 215, Jake Hunter, Zero Escape, Ace Attorney dan Danganronpa berhasil menjadi populer secara internasional. Ketenaran ini telah memunculkan sejumlah kecil novel visual berbahasa Inggris namun terus bertambah, paling sering dibuat oleh pengembang independen dan tidak didistribusikan melalui saluran arus utama.

Baru-baru ini, beberapa game petualangan yang dipengaruhi oleh novel visual juga telah dikembangkan di Barat, misalnya: Dear Esther, The Stanley Parable, Heavy Rain, dan The Walking Dead; banyak di antaranya yang dikategorikan sebagai permainan narasi lingkungan.

LihatTutupKomentar