Apa itu manga dan arti difinisinya ?

Manga adalah buku komik Jepang. Selama beberapa tahun, ada manga internasional yang biasa kami kelompokkan dalam istilah tertentu seperti manwha

Apa itu manga dan arti difinisinya ?


Manga adalah buku komik Jepang. Selama beberapa tahun, ada manga internasional yang biasa kami kelompokkan dalam istilah tertentu seperti manwha (manga Korea). Komik-komik ini sangat berbeda dengan yang kita temukan di Perancis dan Belgia atau dari komik-komik Amerika. Mari ikuti tur bersama dalam artikel didaktik ini yang akan menjelaskan semua rahasia manga.

Apakah manga hitam putih?


Sebagian besar manga yang kamu temukan di Jepang, Indonesia, atau di tempat lain terdiri dari hampir semua halaman hitam putih. Ada beberapa pengecualian, seperti sampul depan yang selalu berwarna, dan terkadang satu sampai empat halaman dalam volume yang mendapat manfaat dari pewarnaan yang luar biasa untuk menkamui suatu peristiwa (ulang tahun, volume ke-100) atau yang merupakan hasil dari surat wasiat. penerbit.


Konon, fakta bahwa manga hitam putih lebih merupakan masalah kebiasaan dan beberapa pedoman ekonomi daripada tradisi nyata. Sekarang ada edisi, baik penerbit Jepang atau Indonesia, yang diwarnai sepenuhnya. Namun, mereka masih manga, meski ada pekerjaan tambahan yang dibawa ke hulu.

Di bengkel mangaka, nama yang diberikan kepada penulis manga, kami menemukan yang terakhir serta beberapa asisten. Dalam kebanyakan kasus, mangaka menggambar karakter utama serta aksinya, dan akan menyerahkan kepada pembantunya tugas yang panjang dan membosankan untuk menggambar latar belakang serta mengerjakan ulang bagian pertamanya.

Tidak seperti komik Amerika dan komik Perancis-Belgia, tidak ada pewarna atau staf yang didedikasikan untuk pascaproduksi ini. Karena difusi manga sejak paruh kedua abad ke-20 di Jepang, percetakan selalu mengambil instruksi untuk tidak mewarnai halaman. Ini terutama karena alasan ekonomi. Setiap volume terdiri dari sekitar 200 halaman dan keuntungan finansial sangat signifikan jika seseorang membatasi diri pada hitam dan putih. Jumlah cetakannya juga jauh lebih banyak, karena produksi dilakukan lebih cepat oleh pihak mangaka dan timnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kami telah menulis artikel khusus tentang hal ini. Kami juga memberikan contoh dengan Eiichiro Oda, penulis One Piece dan jadwalnya. Ini adalah karya terlaris hingga saat ini, di Indonesia dan internasional. kamu akan melihat hari yang mengerikan dan jadwal drastis seorang penulis manga di Jepang, salah satu pekerjaan paling menuntut yang pernah ada.

Sebuah manga dibaca dari kanan ke kiri.


kamu mungkin tahu bahwa di Jepang, membaca dilakukan dari kanan ke kiri, tidak seperti membaca Perancis yang dari kiri ke kanan. Jadi, jika kamu membuka-buka komik Jepang, pertama-tama kamu harus memperhatikan gelembung teks dan efek suara yang ada di kanan sebelum pindah ke kiri. Halaman-halamannya, sekali lagi, belok ke kiri. Sebagian besar manga edisi Indonesia menawarkan panduan didaktik cepat di awal volume untuk menemukan jalan keluarnya.

Ini bukan kekhasan manga, karena novel atau bahkan surat kabar dikonsultasikan dengan cara yang sama di Jepang. Namun dalam hal penerjemahan, ada beberapa keputusan di Indonesia. Di satu sisi, beberapa penerbit telah memutuskan untuk sepenuhnya mengadaptasi arah membaca untuk menjadikannya Barat (dari kiri ke kanan, seperti novel karya Victor Hugo, misalnya). Namun, untuk mempertahankan akurasi yang lebih baik, sebagian besar penerbit telah memutuskan untuk mengikuti petunjuk membaca bahasa Jepang untuk menghormati keinginan penulis dan memberikan pengalaman otentik kepada pembaca.


Jadi, terlepas dari teks dan onomatopoeia yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, pembaca manga Indonesia akan memiliki pengalaman yang sama seperti di Jepang: pemotongan kotak tidak akan diubah, artinya sama dan ini menimbulkan lebih sedikit masalah penyuntingan. untuk editor. Contoh kecil dengan manga Parasyte: nama makhluk luar angkasa yang menggantikan tangan kanan sang pahlawan adalah Migi yang artinya benar. Jika kita membalik arah bacaan, nama karakter tersebut harus diubah sepenuhnya (oleh Hidari, artinya kiri), yang kemudian tidak lagi sesuai dengan apa yang ada di depan mata pembaca.

Siapa penemu manga?


Sulit untuk memberikan seorang seniman tunggal yang dianggap sebagai penemu manga, karena asal mula cerita yang dibagi menjadi beberapa kotak berasal dari abad ke-12. Konon, Yasuji Kitazawa adalah orang pertama yang menggunakan istilah manga untuk merujuk pada gambarnya. Karena itu kita dapat menganggap bahwa dia adalah penemu manga kontemporer yang sebenarnya seperti yang kita pahami sekarang.

Apalagi jika kamu ingin mengetahui kehidupan seorang mangaka dengan cara yang sangat menyenangkan dan menyenangkan, kami sangat menyarankan untuk membaca atau menonton manga Bakuman. Ini mengikuti petualangan duo penulis skenario dan mangaka yang memulai karir mereka ketika mereka masih sangat muda. Karya tersebut memiliki kekhasan dalam menggambarkan industri dari dalam, kesulitan hidup sehari-hari, jalinan relasional yang harus diciptakan serta persaingan dengan pengarang komik Jepang lainnya.

Berbagai jenis manga


Manga adalah istilah umum yang menunjuk, seperti yang telah kita lihat, komik Jepang. Ini dibagi lagi menjadi banyak kategori berbeda, yang umumnya membahas audiens yang sangat spesifik. Konon, banyak yang tidak menghormati pedoman ini dan sangat mungkin bagi anak laki-laki untuk menonton manga yang ditujukan untuk penonton wanita.

  • Kodomo adalah jenis manga khusus untuk anak-anak.
  • Shonen ditujukan untuk penonton remaja laki-laki. Ini ditujukan untuk anak sekolah, mahasiswa dan siswa sekolah menengah. Ini adalah genre yang paling populer.
  • Shojo adalah padanan perempuannya, untuk kelompok umur yang sama. Ini juga salah satu genre paling populer di industri ini.
  • Seinen adalah versi superior dari shonen, artinya ditujukan untuk penonton pria, tetapi untuk dewasa muda. Temanya sedikit lebih dewasa dan karyanya mungkin mengandung kekerasan atau ketelanjangan.
  • Josei adalah padanan feminin dari seinen. Ini sangat dihargai oleh wanita muda atau wanita yang sudah menikah karena ceritanya biasanya seputar pekerjaan, pasangan ideal atau selibat.
  • Hentai adalah versi porno dari manga. Di sini, ada juga seluruh kategori dan leksikon tertentu, tetapi untuk alasan yang jelas, kami tidak akan mengembangkannya hari ini. Ketahuilah bahwa ada karya asli dan parodi manga.

Perbedaan antara manga dan anime


Kita sering mendengar orang mengatakan "Saya sedang menonton manga di TV". Ini adalah kesalahan nama yang, sayangnya, terlalu umum. Harus dikatakan bahwa istilah manga telah digunakan berkali-kali oleh jurnalis selama laporan di saluran utama. Namun perbedaannya sangat sederhana: manga adalah buku komik, dalam format kertas atau dalam bentuk e-book.

Di sisi lain, anime berasal dari istilah animasi. Ini adalah serial anime multi-episode. Paling sering, ini merupakan adaptasi manga dalam versi televisi. Jadi, prinsipnya sama dengan komik strip Batman yang sudah berkali-kali diadaptasi menjadi kartun. Kami juga dapat menunjuk anime sebagai film animasi Jepang, yang lagi-lagi sering kali merupakan hasil adaptasi dari manga.


Mulai sekarang, kamu memiliki semua kunci untuk membedakan anime dari manga. Perlu diketahui bahwa ejaan "anime" dapat diperdebatkan: secara teknis, kamu harus menulis "des anime". Tetapi karena kata tersebut semakin sering digunakan di Indonesia dan akan segera muncul dalam kamus, kebanyakan orang, termasuk kami, setuju dalam bentuk jamak untuk logika yang lebih baik dalam teks.

Keunikan manga


Meskipun setiap manga berbeda dan setiap tahun gaya diperbarui dengan penulis berbakat baru, jelas ada perbedaan besar antara gaya manga dan buku komik Barat. Karya-karya Jepang merespon kode visual tertentu yang telah menjadi tradisi produksi selama puluhan tahun. Misalnya, gaya seni sering (tetapi tidak selalu) memberi kita perhatian besar pada karakter, potongan rambut yang terlalu besar, atau bentuk fisik seksi yang tidak wajar.

Diperlukan seluruh artikel tentang fitur ini untuk membahas subjek dengan benar. Namun singkatnya, hal ini sangat sering bersesuaian dengan keinginan untuk menonjolkan emosi para tokohnya lebih jauh ke publik. Mengenai bentuk fisik, terutama bagian dada yang seringkali terlalu menonjolkan, alasan yang jelas adalah untuk memikat penonton yang akan mengapresiasi karakter yang dianggap menarik. Ada juga dikotomi yang kental antara sejumlah kompleks Jepang (mata sipit, dada rata, sikap pendiam) dan representasi mereka dalam manga! Untungnya, tidak semua orang Jepang dan Eropa memiliki konsepsi seperti itu, tetapi yang jelas sudah menjadi norma dalam karya yang bisa kita baca setiap tahun.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, manga juga merupakan gaya yang unik dan khusus, karena sebagian besar karyanya berwarna hitam dan putih, yang membedakannya dari pesaing Baratnya. Arah bacaan dari kanan ke kiri, onomatopoeia dan leksikon dibuat khusus dan sekarang dikenal oleh pembaca. Kata-kata Jepang seperti Kanpai (Kesehatan!), Kokoro (hati) dikenal publik dan terkadang tidak diterjemahkan (atau yang lain, dalam catatan kaki melalui tkamu bintang).

Apakah manga cocok untuk anak-anak?


Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang ketika membicarakan manga Jepang, dan yang bahkan berlaku untuk semua komik, adalah berpikir bahwa itu hanya untuk anak-anak. Jangan lupa bahwa ini adalah bentuk fiksi. Judul manga sangat luas, dan ada lusinan genre berbeda yang membahas tema berbeda. kamu dapat menemukan cerita yang diadaptasi dengan sempurna untuk anak kecil, tetapi juga kata-kata yang dikhususkan untuk orang dewasa atau bahkan beberapa petualangan yang dipotong untuk remaja. Perlu diingat bahwa hanya karena manga memiliki ilustrasi atau karakter yang kekanak-kanakan dan lucu, bukan berarti manga tersebut cocok untuk anak-anak.

Manga Jepang dipasarkan, sebagian besar, menurut audiens yang sudah mapan: target diidentifikasi berdasarkan jenis kelamin dan gendernya. Jadi, ada gubahan untuk remaja perempuan muda atau senior laki-laki. Siswa sekolah menengah biasanya berada di suatu tempat di manga dengan peringkat shonen dan shojo. Ini disebut manga kodomomuke, tapi nama ini tidak benar-benar digunakan di Indonesia. Manga Shonen sebagian besar ditujukan untuk anak laki-laki dan biasanya kamu dapat meminta remaja muda atau seseorang di bawah usia 16 tahun untuk membaca karya apa pun dari repertoar ini. Setara untuk anak perempuan adalah shojo.


Berikut beberapa referensi manga yang sangat cocok untuk anak usia 6 hingga 11 tahun:

Hiruk pikuk
Chi, nyawa kucing
Nekojima, pulau kucing
Kamisama
Momo dan Utusan Matahari
Choubi-choubi, kucing kecilku
Roji!
Putri Kilala
Ichiko dan Nico
Jam Tangan Yo-kai
Lilli gadis kecil yang berbisik di telinga binatang
HappyClover
Globule – Kehidupan Kelinci
Kehidupan yang mulus – Pan'Pan Pkamu
Nyanpire
Dunia Gotik Nyanpire
surga anjing
Prem: Cinta Kucing
Kucing terlepas dari diriku sendiri.

Berikut beberapa referensi manga yang sangat cocok untuk remaja:

bola naga
pemburu x pemburu
Satu potong
Alkemis Fullmetal
Beastar
Ranma 1/2
Serangan para Titan
Mob Psiko 100
Akademi Pahlawanku
Magi: Labirin Sihir
balas dendam tokyo
Pemutih
Pengembara Kenshin
Sendok Perak, sendok perak
Tujuh dosa yang mematikan
Dr Batu
Pembunuh Iblis
Pokemon: Petualangan Hebat
Samurai Lebih Dalam Kyo
Catatan kematian
naruto
Pukulan Api.

Berikut adalah beberapa referensi manga yang bagus untuk seorang gadis berusia 10 tahun:

Nausicaä dari Lembah Angin
Alkemis Fullmetal
Yotsuba&
Yanaka, cerita kucing
Kerajaan hewan
Doraemon
perjalanan Yaya
Pan Pan Pkamu.

LihatTutupKomentar